Reynaldi Latief, The Story
Just another WordPress.com weblog

Dec
12

10 creativity paradox by Mihaly,

dan dibawah ini adalah komentar saya terhadap paradox tersebut,

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Sudah jelas bahwa orang-orang kreatif terlihat lebih ceria dan banyak energi, karena mereka berpikiran bahwa apa pun bisa dibuat dan semua juga dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Namun memang ada beberapa orang kreatif yang lebih pendiem dan menyendiri, karena mereka lebih senang berpikir dan bergerak sesuai dengan apa yang diproses oleh otak mereka yang paling efisien dan benar, yang membuat mereka lebih terlihat pendiam dan pemikir.

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

Orang- orang kreatif cenderung pintar dalam hal otak, namun beberapa orang kreatif kurang mempunyai keinginan untuk menggunakan otak tersebut dalam hal berpikir. Mereka melihat bila saya sebenarnya pintar, namun malas untuk menggunakan kepintaran tersebut. Dan juga orang kreatif kadang- kadang lebih naif dari orang biasa, ini dikarenakan mereka selalu mengira kalau mereka yang paling benar, dan mereka yakin terhadap pendapat tersebut.


3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

Orang- orang kreatif cenderung dapat membagi dan menempatkan dirinya pada saat gembira dan bersuka cita dengan pada saat ia harus diam dan mendengarkan. Ia mengerti jelas apakah konsep gembira dan disiplin tersebut, dan Ia cenderung dapat menempatkan dirinya di situasi yang tepat untuk kedua perilaku tersebut. Dan orang- orang kreatif cenderung dapat menyeimbangkan tanggung jawab tanggung jawabnya. Dimana Ia harus mengambil tanggung jawab pada perilakunya, dan dimana Ia harus mundur.


4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

Banyak dari orang kreatif yang mempunyai dunia sendiri dimana Ia dapat bebas, dunia tersebut adalah imaginasi dan fantasi yang Ia punya. Di dalam dunia tersebutlah, Ia dapat memikir, membuat, dan mewujudkan sesuatu yang dianggap tidak mungkin dalam dunia nyata. Tetapi mereka tetap dapat membedakan dengan jelas antara kenyataan dengan khayalan mereka. Apa yang mereka pikir dapat dilakukan di dunia nyata, pasti akan dibuat kenyataan nantinya.

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.

Seperti yang dijelaskan pada nomor 1, orang kreatif cenderung bersifat terbuka dan juga ada yang tertutup. Ada saat dimana mereka akan membuka pikirannya kepada orang- orang disekitar mereka, ada juga saat mereka menjadi pendiam dan perenung untuk memikirkan kreasi- kreasi baru lainnya.

6. Creative people are humble and proud at the same time.

Sudah jelas orang- orang yang kreatif mempunya sense of pride yang tinggi. Mereka menjunjung tinggi harga diri dimana pendapat mereka akan selalu dihargai dan dibenarkan dalam segala hal. Tetapi banyak dari mereka juga rendah hati dan memberikan ide- ide baru kepada lingkungan sekitar mereka, Ini disebabkan karena mereka igin dihargai dari segi yang tidak terlalu membesarkan diri dan mencolok.

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

Mayoritas dari orang- orang kreatif  tidak mempedulikan stereotyping, mereka lebih fokus kepada apa yang setiap individu dapat lakukan, lebih dari apakah yang dapat laki- laki lakukan ketimbang perempuan dan sebaliknya. Mereka lebih menyukai bekerja dengan cross gender dibanding dengan gender yang sama. Ini dikarenakan mereka lebih suka melihat pendapat dari berbagai gender.

8. Creative people are both rebellious and conservative.

Banyak dari orang- orang yang kreatif lebih cenderung memberontak, ini dikarenakan lingkungan yang mereka tempati kurang setuju dan menyatu dengan ide- ide atau vision- vision yang Ia miliki. Bila hal ini terjadi, sudahlah pasti bahwa orang- orang yang kreatif tersebut akan memberontak. Dan hal ini juga sama terhadap sifat konservatif pada orang- orang yang kreatif, mereka lebih banyak mendekati dan merangkul orang- orang lingkungan sekitarnya bila Ia anggap Ia sudah cocok terhadap lingkungan tersebut.

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

Paradox nomor 9 ini adalah paradox favorit saya, dikarenakan sudah jelas bahwa orang yang kreatif lebih cenderung sangat berhasrat terhadap pekerjaan mereka, dan hal tersebut terjadi BILA mereka menyukai pekerjaan tersebut dari awalnya. Dan bila mereka tidak menyukai pekerjaan tersebut, mereka akan cenderung bersifat objektif dan lebih mencemooh kearah pekerjaan tersebut.

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

Karena keterbukaan yang berlebih pada orang- orang yang kreatif, mereka cenderung dilihat oleh publik lebih sombong dan berisik dibanding orang- orang biasa. Mereka lebih cenderung untuk meresapi kata- kata negatif yang disebutkan oleh publik dibanding orang lain, sehingga menyebabkan sakit hati yang lebih mendalam dibanding orang- orang lain disekitarnya. Ini juga berlaku sebaliknya dalam hal bergembira, mereka cenderung lebih menikmati hal- hal yang menggembirakan yang kecil, apapun yang mereka rasakan lebih terpikir dan terukir jelas dalam otak mereka, yang menyebabkan sifat overly sensitive.


Oct
18

Di post ini, gw mau ngomongin tentang sebuah perusahaan yang bernama IDEO,,

IDEO adalah perusahaan konsultan dalam bidang innovasi dan design yang berpusat di Palo Alto, California, United States of America,

IDEO juga punya banyak cabang seperti di New York, Shanghai, London, Boston, dll.

IDEO,,

IDEO,,

IDEO sendiri mempunya 550 karyawan, yang secara worldwide tersebar pada cabang masing-masing,,

Jangan salah, kalo lo bisa masuk IDEO ini berarti lo salah satu manusia paling kreatif dan inovatif di dunia,, So its a must for those who have a creative and out of the box brain!

IDEO ini adalah company yang dibelakang pembentukan bentuk dari benda-benda yang ada di dunia,,

Tapi, menurut gw, idenya yang paling bagus adalah ide dari IDEO tentang bentuk dari mouse komputer,,

WTF?? masa siiiihhh??, IYAAAA, benerannn, IDEO ini pengembang bentuk dari mouse untuk microsoft dan juga Apple,,

jadi, kalo mreka ga bikin bentuk pertama mouse ky gitu, skarang bentuknya mungkin jadi trapesium (pikirin bakal sakit apa ngga tuh ditangan lo!),,

Bahkan, Palm V PDA, salah satu PDA terfavorit saat ini, juga di-design bentuknya oleh IDEO,, ( palm V banyak digunakan karena bentuknya yang simple dan enak untuk digenggam )

“That is why nobody generates an idea, like IDEO!™ ” ( itu tagline bikinan gw, kalo IDEO mau, bayar gw siniii,, inget, ga bisa dicolong taglinenya, dah ada ™-nya,, hahaahah)

Logitech 3D mouse designed by IDEO, cool isn't it?

Logitech 3D mouse designed by IDEO, cool isn't it?

Oct
18

Jadi, di entry ini gw mau ngasih tau inovasi terhebat yang pernah dibuat oleh umat manusiaaa,,

Menurut gw inovasi terhebat itu adalah senjata,,

Iya, bener, senjata, mulai dari jaman dulu pake kapak, batu, panah buat ngebunuh makanan sehari-hari,,

Sampe ke assault rifle, handguns, nuclear, Bio weapons, sampe Jihadi seeking missile (WTF?!?)

Senjata Pembantai Tetangga?

Senjata Pembantai Tetangga?

Tapi serius deh, kita bisa liat pergerakan umat manusia dalam membuat inovasi inovasi baru dalam pembuatan senjata,,

Mulai dari jaman batu, dimana senjata digunakan untuk menangkap makanan sehari-hari,

Jaman perang agama, dimana senjata digunakan untuk membunuh sesama manusia yang berbeda agamanya,

Jaman Hitler si gila, dimana senjata digunakan untuk membantai sesama manusia yang rasnya dianggap lebih rendah dan kotor,

Sampe jaman modern, dimana senjata hanya digunakan untuk membunuh dan membantai sesama manusia dalam segala keperluan sehari-hari,,

Sebenernya yang pengen gw jelasin tuh bukannya kejelekan senjata, tapi kebusukan umat manusia dalam penggunaannya,,

Karena, coba deh diliat dari perkembangannya, senjata itu adalah salah satu inovasi terbaik dari umat manusia,

quote “even a whimp can become a bully if he had a gun in his hand”, sangatlah benar dalam kehidupan modern,,

Intinya adalah, senjata dapat menggerakkan dunia, senjata dapat memberikan kekuatan untuk menundukkan, dan senjata bahkan dapat membuat Indonesia untuk memberikan “beberapa” Sumber daya alamnya kepada Amerika,,

Don't give a guy like this a weapon, READ the TAGLINE!

Don't give a guy like this a weapon, READ the TAGLINE!

Oct
18

Heiii smuaaa, oh iyaaa, assalamualaikum wr. wb.

Di entry ini, gw mau ngasih tau arti nama gw, ya kalo lo ga mau tauuu terserahh,, tapi yaa bakal rugi dikitt sihhh,,

Pertama kali nanya tuh ke oma gw jaman dulu, tapi kata oma dia ga tau, trus nanya ke opa jaman dulu, gara-gara opa orang militer, dan dia juga ngga tau, gw malah dikurung di garasi,, ( emang ga jelas, tapi kejadian nyata nyets,, )

Trus gara-gara kapok, nanya akhirnya ke orang tua sendiri,

dan akhirnya dijelasin dehh artinya sama nyokap gw,

Reynaldi Tri Adytia mempunyai arti: Reynaldi, adalah anak dari Rennier dan Nancy, ‘ldi’nya emang tambahan biar ga garik aja namanya,,

Trus, Tri itu artinya anak ketiga, ( ga tau maksudnya Tri pake bahasa apa, tapi ya artinya ituuu,, )

Adytia itu artinya paling gokil dari smuanyaaaa, Adytia itu artinya yang mengayomi dan setiaa,, gokill gaaa?

So, that’s the whole picture of my name,,

Oct
18

Hi, my name is Reynaldi Tri Adytia Latief, 19007133

I am currently studying in School of Business and Management, Institute of technology Bandung,

This is my blog and the whole picture of my life,

So, please DO bear with me while I tell you about my world,

If you do not want to bear with me, please let your self out and don’t let the http hit you on the way out,,

Oct
13

This Blog, is made for the study of Creativity and Innovation only,,